Cara Membuat Blog Dengan Mudah - RUSMAN

Breaking

SI ANAK PETANI


Saturday 17 March 2018

Cara Membuat Blog Dengan Mudah

Cara membuat blog sebenarnya mudah sekali, kenapa dibilang mudah? karena sekarang ini banyak sekali situs yang menyediakan mesin pembuat blog ( Content Management System ) sehingga untuk membuat blog sendiri atau website tinggal memposting artikel saja tanpa dipusingkan dengan urusan kode HTML. Cara membuat blog sendiri mudah sekali,  kita hanya perlu bermodal email gratis untuk membuat akun pada situs penyedia blog gratis seperti Blogger atau Blogspot dan WordPress.com.
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang bagaimana cara membuat blog, apa sih beda antara blog dengan website. Kalau menurut saya pribadi, antara blog dan website sebenarnya sama saja, yang membedakan hanya persoalan historis saja.
Pada jaman dahulu blog digunakan untuk menulis jurnal harian, istilahnya buku harian online, yang ciri khas nya adalah dengan adanya kolom komentar dari pengunjung, namun seiring perkembangan jaman blog fungsi blog sudah semakin kompleks menjadi alat pemasaran yang efektif seperti halnya website.
Sedangkan website pada awalnya dibangun menggunakan kode HTML, sehingga menghasilkan halaman situs statis. Untuk cara ini mau tidak mau kita harus belajar HTML yang tentu saja rumit dan bikin pusing buat pemula. Kembali masalah fungsi, karena keduanya sama – sama bisa digunakan sebagai sarana untuk mempublikasikan tulisan juga dapat sebagai sarana marketing, maka sekarang ini antara blog dan website adalah sama saja.
Disamping membuat blog atau website dengan cara gratis, kita juga dapat membuat website atau blog dengan nama domain sendiri alias berbayar. Jadi untuk memiliki blog atau website dengan domain sendiri kita harus menyediakan anggaran untuk menyewa domain dan hosting.
Bagi yang serius terjun di dunia online, biasanya yang menjadi pilihan adalah membuat blog dengan wordpress dengan domain dan hosting sendiri, karena akan terkesan lebih profesional dengan alamat URL yang dipilih sendiri. Beda jika kita membuat blog dengan cara gratis, alamat blog kita tentunya hanya sebagai sub domain dari penyedia blog engine seperti Blogspot dan WordPress.com.
Untuk melangkah ke teknik cara membuat website atau blog, di bawah ini saya berikan tutorialnya :

A. TUTORIAL CARA MEMBUAT BLOG GRATIS DENGAN BLOGGER ATAU BLOGSPOT
Di bawah ini adalah langkah – langkah cara membuat blog di blogspot atau blogger yang disertai gambar seperti berikut ini :
1. Buka www.blogger.com pada browser anda, jika anda sudah mempunyai akun di Google kemudian masukkan email dan password,dan klik ” masuk ” jika belum silakan klik “daftar ” untuk membuat akun
cara membuat blog dengan blogger blogspot
2. Setelah anda mengklik ” masuk ” akan muncul seperti gambar di bawah ini
cara membuat blog dengan blogger blogspot
3. Kemudian klik ” blog baru ” dan akan muncul gambar seperti di bawah ini
cara membuat blog dengan blogger blogspot
4. Isi judul dan alamat blog yang diinginkan kemudian klik ” buat blog “
cara membuat blog dengan blogger blogspot
5. Selamat ! blog anda sudah jadi, klik ” mulai mengeposkan ” untuk membuat artikel pertama anda. Sebuat cara membuat blog sendiri paling mudah bagi pemula sekalipun.

No comments:

Post a Comment